Minimum Viable Product GROUPON
Minimum Viable Product GROUPON
( From The Lean Startup Eric Ries Book)
Kategori : Lean StartUp
GROUPON termasuk perusahaan yang tumbuh paling cepat sepanjang masa.
Namanya berasal dari "Group Coupons" artinya kupon borongan
GROUPON tidak meraih sukses sejak awal.
ketika GROUPON melepas kupon pertamanya, dua puluh orang membeli dua porsi Pizza seharga satu porsi di restoran di Lantai 1 gedung perusahaan tersebut di Chicago.
Awalnya fokus awal GROUPON bukanlah bisnis. Foundernya Andrew Mason bercita cita membuat wadah gerakan sosial yang dia namai The Point.
Tujuan untuk mempersatukan orang utk memecahkan masalah yang tidak bisa mereka pecahkan sendiri, semisal penggalangan dana untuk misi tertentu.
Hasil awal The Point sayangnya mengecewakan dan akhir 2008, para Foundernya memutuskan untuk mencoba hal yang baru.
Walaupun masih menyimpan ambisi besar, mereka bertekad untuk membuat produk yang sederhana.
Mereka lantas membuat Minimum Viable Product.
Berikut kisah Mason :
Kami membuat blog wordPress dan memodifikasinya untuk GROUPON, kemudian memajang pos baru tiap hari di sana.
Kami menjual kaus di GROUPON versi pertama.
Kami tulis di kolom penjelasan, "Kaos ini berwarna merah, berukuran L.
Kalau kalian menginginkan watna atau ukuran lain, silahkan kirimi kami email." di situs kami tidak tersedia kolom untuk mencantumkan warna dan ukuran lain. ala kadarnya sekali.
Format yang sangat sederhana itu sudah cukup untuk membuktikan bahwa orang orang sungguh menyukai konsep tersebut.
Untuk situs web generasi berikutnya kami menggunkan FileMaker.
Kami membuat skrip untuk mengirimkan kupon PDF via email kepada orang orang. hingga akhirnya kami bisa menjual 500 kipon sushi dalam sehari dan mengirimkan 500 PDF kepada orang orang dengan AppleMail.
Sampai Juli tahun pertama kami semata mata mencoba ini itu demi menangkap peluang. Kami mengembangkan produk sambil jalan saja".
Berdasarkan capaian sejauh ini, GROUPON tampaknya akan menjadi perusahaan yang meraih nilai penjualan US$1 miliar dalam kurun waktu tercepat sepanjang sejarah.
GROUPON menciptakan cara revolusioner bagi usaha usaha lokal untuk mencari konsumen baru, memberikan penawaran khusus bagi konsumen di lebih dari 375 kota di seluruh dunia.
Comments
Post a Comment